Penyebab TBC Kelenjar

Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh mycobacterium tuberkulosa, TBC kelenjar ditemukan disekita leher berupa pembesaran kelenjar getah bening salah satu kelenjar getah bening yang banyak terserang adalah kelenjar yang ada pada leher. Namun bisa juga di temukan di bagian tubuh lain seperti ketiak, sela paha, serta di dalam perut. dan bila terjadi infeksi pada tubuh biasanya kelenjar itu akan membengkak, infeksi kelenjar itu sendiri  terbagi menjadi dua yaitu infeksi nonspesifik yakni infeksi  akibat adanya peradangan organ tubuh lain dan infeksi spesifik yakni adanya tubercolusis (TBC) kelenjar atau penyakit kelamin.

Gejala Penyakit TBC Kelenjar

  1. Demam berkepanjangan
  2. Batuk lama
  3. Nafsu makan menurun
  4. Munculnya benjolan-benjolan pada leher atau ketiak serta sela paha. Hanya saja, yang paling banyak ditemukan adalah adanya benjolan di leher. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar itu biasanya akan terlihat mengelompok. Suatu saat benjolan-benjolan tersebut akan pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah.

Penyebab TBC Kelenjar

tbcPenyebab TBC Kelenjar bakteri mycobacterium tuberculosis, sejenis bakteri kecil berbentuk tongkat. Begitu kecilnya mereka sehingga ribuan dari bakteri ini dapat hidup bersama di tempat yang hanya seluas ujung jarum. Bakteri-bakteri kecil dan ulet ini dilindungi oleh selaput lilin yang melindunginya dari sistem pertahanan tubuh manusia yang mau membinasakannya.

TBC dapat menyerang bagian tubuh manapun, namun yang paling sering adalah pada paru-paru. Bakteri-bakteri ini dapat hidup selama berbulan-bulan lamanya di tempat yang sejuk dan gelap, terutama jika tempat tersebut lembab. Malah yang lebih buruk lagi, bakteri-bakteri itu dapat bertahan hidup di tempat yang kering cukup lama, namun mereka akan mati bila terkena cahaya matahari atau panas.

Pada orang-orang yang memiliki tubuh yang sehat karena daya tahan tubuh yang tinggi dan gizi yang baik, penyakit ini tidak akan muncul dan kuman TBC akan “tertidur”. Namun,pada mereka yang mengalami kekurangan gizi, daya tahan tubuh menurun/ buruk, atau terus-menerus menghirup udara yang mengandung kuman TBC akibat lingkungan yang buruk, akan lebih mudah terinfeksi TBC (menjadi ‘TBC aktif’) atau dapat juga mengakibatkan kuman TBC yang “tertidur” di dalam tubuh dapat aktif kembali (reaktivasi).

Naih itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab tbc kelenjar semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *